Latihan Menulis Feature – Kiat (How to)

Kopi dan manfaatnya

Kopi

Minum kopi ternyata dapat menghindari risiko penyakit. Para pencinta Kopi umumnya menikmatinya hanya sekedar untuk memenuhi kepuasaan dari sensasi meminumnya saja, padahal dibalik itu ada manfaat yang dirasakan untuk kesehatan.

Ingin tahu apa saja manfaat minum kopi bagi kesehatan? Mari kita simak informasi berikut ini:

Menghindari Diabetes

Dua puluh studi di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah kandungan asam klorogenik dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Menghindari Resiko Stroke

Sebuah studi kasus yang dilakukan pada beberapa wanita menunjukkan jika wanita mengkonsumsi 1 hingga 2 cangkir kopi, lebih rendah resikonya terkena kanker dari pada yang tidak. Sementara itu penelitian lain di Finlandia juga membenarkan pernyataan tersebut.

Mencegah Parkinson

Orang dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit neurologis seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein, dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan risiko parkinson.

Menghindari Resiko Kanker

Minum kopi dapat menghindari resiko kanker. Ini disebabkan karena ada kandungan antioksidan yang cukup banyak pada kopi sehingga dapat mencegah beberapa jenis kanker. Seperti yang dilakukan pada sebuah penelitian di Jepang menunjukkan wanita yang minum setidaknya 2 cangkir kopi sehari memiliki resiko 25% lebih rendah terkena kanker usus besar.

Mencegah Stres

Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda redakan stres, dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel saraf dari stres.

Hmmh, kopi yang selama ini dikenal merugikan kesehatan tubuh, ternyata memiliki manfaat yang tidak sedikit. Jadi, poinnya adalah seberapa bijak kita dalam mengkonsumsinya. Minum 1 sampai 2 gelas sehari, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan.

5 thoughts on “Latihan Menulis Feature – Kiat (How to)

  1. tulisan yang bagus, tapi saya termasuk yang bagian kecil yaitu justrus merasa dampak negatif dari minum kopi. jadi saya tidak suka kopi. walaupun demikian saya juga tidak benci kopi. selamat buat yang suka kopi. untuk penulis, saya tunggu tulisan lain mungkin tentang manfaat buah.

  2. Hahahaha..ga suka kopi juga gpp kok, Bu. Saya menulis ini justru karena selama ini banyak orang yang berpikir kopi itu hanya berdampak negatif bagi kesehatan. Saya mendapat informasi ini dari sharing teman-teman. Mau tahu dimana kami biasa berbagi informasi? Betul…di cafe :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s