Pelatihan Menulis

Kemampuan orang untuk menulis bukanlah bakat melainkan kompetensi yang dapat dipelajari. Apalagi dalam kegiatan sehari-hari banyak kegiatan menulis yang kita lakukan seperti sms atau bbm, email, facebook atau twitter.

Dari Pelatihan Menulis yang saya ikuti, saya mulai memahami mengenai berbagai jenis tulisan – mulai dari paragraf eksposisi, persuasi, argumentasi, narasi dan deskripsi –  teknik wawancara dan menulis berita, juga menulis caption fotografi. Saya juga belajar bagaimana cara menulis berbagai artikel feature, dan masih banyak lagi yang akan saya pelajari dari pelatihan menulis berikutnya. Untuk itu pada halaman ini, saya akan berbagi hasil dari pelatihan menulis.

Yuk menulisStttt…. berikut ini ada beberapa quotes yang saya dapatkan dari  www.goodreads.com untuk memotivasi kita menulis. Yuk, disimak.

  • “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah (Rumah Kaca, h. 352)”  Pramoedya Ananta Toer.
  • “Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” Seno Gumira AjidarmaKetika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara.
  • “Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi” Helvy Tiana Rosa.
  • “Menulis itu mudah. Tapi bagaimana agar tiap huruf berarti dan bisa membuat pembacamu bergerak ke arah yg lebih baik, tanpa kau gurui.”  Helvy Tiana Rosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s